Minggu, 09 September 2012

Teknik Pengolahan Metode Panas Kering


Metode Panas Kering yaitu penghantaran panas kering pada makanan melalui udara panas, metal panas, radiasi atau lemak panas.
Macam – macam metode panas kering :


1. BAKING
         
Baking adalah memasak makanan dengan menggunakan panas udara yang mengitarinya, ini biasanya dilakukan dengan oven. Oven dapat dipanaskan dengan api, aliran listrik, dan gelombang elektromagnetik (microwave oven). Makanan yang dipanggang dalam oven mendapatkan panas secara tidak langsung dari udara panas yang dialirkan di dalam oven. Baking umum digunakan dalam pembuatan roti, cakes, pastries, tarts, dan quiches.


2. ROASTING
          Roasting adalah memasak makanan diatas rak dan langsung diatas api.


3.SALAMANDER
          Salamander adalah salah satu jenis broiler dengan intensitas panas rendah. Biasa digunakan untuk mencoklatkan atau melelehkan bagian atas dari suatu masakan sebelum dihidangkan.


4. GRILLING
          Grilling dikerjakan diatas grill yang diletakkan diatas sumber panas, dapat berupa arang, elemen listrik atau elemen yang dipanaskan dengan gas. Temperatur pengolahan diatur dengan cara menggerakkan makanan ketempat yang lebih panas atau lebih dingin dari alat itu. Bahan makanan yang cocok dengan teknik grilling adalah daging, ikan, ayam.


5. GRIDLING
         
Gridling dikerjakan pada alat pengolahan yang memiliki permukaan keras. Pada waktu pengolahan dapat menggunakan sejumlah kecil lemak atau tanpa lemak sama sekali, tujuannya agar tidak lengket. Temperatur dapat disesuaikan dan dapat lebih rendah dari grill.


6. PAN BROILING
          Pan Broiling adalah proses memesak dengan pancaran panas tinggi. Biasanya digunakan untuk daging lunak seperti ayam, ikan, dan beberapa masakan sayuran.


7. BARBEQUE
          Barbeque adalah proses memasak dengan pancaran panas langsung dari bara api arang maupun kayu bakar yang menyala-nyala. Dalam pembakarannya daging atau bahan lain yang dibakar diberi bumbu diatasnya dengan cara dioleskan atau ditaburkan. Bumbu tersebut biasanya disebut bumbu barbeque.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar